Sabtu, 15 Oktober 2011

Untuk apa aku hidup?

Pikiran ini kembali lagi terlintas dalam benakku.
Untuk apa sebenarnya aku hidup di dunia ini? banyak jawaban yang telah diberikan kepadaku. Mulai dari yang gak penting hingga spiritualis. Namun, belum ada jawaban yang membuat benak ini berhenti bertanya. Jawaban spiritualis mengatakan bahwa tujuan aku hidup adalah pembuktian atas apa yang telah kita janjikan kepada Allah swt. Allah swt. pernah bertanya kepada setiap hambanya di alam Arsy "apakah kaum beriman kepada-Ku?". Semua hamba yang ditanya-Nya mengatakan "ya." Allah swt "tidak sepenuhnya percaya" dengan ucapan hambanya. Kemudian, Dia mengirimkan semua hamba-Nya yang telah ditanyakan ke dunia. Di dunia, ucapan mereka diuji. Apakah ucapan terdahulu hanya kiasan semata karena mereka (hamba Allah swt) belum merasakan "dasyatnya" dunia. dalam dunia inilah, manusia diuji dengan berbagai godaan dan perkara hanya untuk sebuah "pengujian dan pembuktian". Hal inilah yang aku peroleh dari sudut pandang religius.


Aku adalah manusia. Makhluk ciptaan Allah swt. Aku beragama Islam, setidaknya begitulah yang tertera dalam KTP-ku. Namun, aku masih ragu dengan kenyakinanku. Bukan dalam ketidakyakinan kepada penciptaku, tapi lebih kepada makna hidupku. Sebenarnya, aku hidup untuk apa dan siapa?

Ini berawal dari pengamatanku. Melihat semua cipataan Allah swt. dengan begitu "santai dan damai" menjalini hidupnya dengan sesuatu yang, katanya, dilarang Allah swt.
Aku belum juga memahami dunia ini, tempat di mana aku lahir, tumbuh, dan mati nantinya.
Dunia ini misterius. Semakin aku berusaha memahaminya aku semakin bingung dan tak mengerti.
Selalu terlintas dalam benakku, akan jadi apa kamu nanti saat dewasa? pekerjaan apa yang akan kamu dapatkan setelah lulus kuliah? Lalu, untuk apa pengajaran Islam itu jika manusia yang belajar agama itu bertingkah dan berperilaku tidak sesuai dengan yang diajarkan. Lalu, kembali lagi ke pertanyaan penting dari semua ini. untuk apa aku hidup? dan kapan semua derita dan keanehan ini berakhir? Sesuatu apa yang dapat dikatakan bahwa kita telah sampai pada tujuan tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar